Ikhlas itu apa sih?

"Lakuin segala sesuatu dengan ikhlas ya"
"aku sudah meng-ikhlas-kannya"
"maafin aku dengan setulus dan se-ikhlas hatimu ya"
Sering denger kan ya? pernah kebayang gak sih arti ikhlas? gak tau ya kenapa, tiba-tiba pengen aja cari tau ikhlas itu gimana seperti apa dan bagaimana? ya tapi tetep aja sih ye nanti aku bahas versi diriku sendiri,, *iye aku bukan tere liye atau mario teguh*. saking pengen tau 'ikhlas' itu apa, aku sampai searching lo,, hebat kan aku? *cih gitu aja sombong :-D
(ini hasil copas blog sebelah ya) Imam Ibnul Qayyim menjelaskan arti ikhlas yaitu mengesakan Allah di dalam tujuan atau keinginan ketika melakukan ketaatan, beliau juga menjelaskan bahwa makna ikhlas adalah memurnikan amalan dari segala yang mengotorinya.

oke itu tadi ikhlas dalam beramal sholeh yaaa, *leh dicari dina tuh* (apa sih din?),, lalu ikhlas versi galaumu mana din? oke sabar ya teman-teman galauers,, *dih bahasaku alay alay gimance gitu..
Ikhlas menurut versi para remaja pecinta galau kedamaian adalah saat dimana kita merelakan apa yang sudah terjadi tanpa mengungkitnya kembali. jauh banget ye sama versi ber-amal tadi? sepertinya aku tadi salah search deh,, hahaha :D *gak salah kok din, cuma dikau saja yang gak paham ikhlas itu apa,,
sudah ikhlas belum din? belum :(
kadang aku juga sering bertanya sih,, kok susah banget ya buat ikhlas? misal nih ada orang yang buat salah sama kita, iya sudih kita bisa maafin tu orang, tapi ya gitu maafinnya belum ikhlas. iya sih pas ngomong pasti gini "aku sudah ikhlas memaafkan semua kesalahanmu" kan? tapi yakin 100,1% masih ada rasa dongkol dihatimu. iya kan? pasti deh kesalahan itu gak akna bisa kmau lupain. iya ketika maaf-maafan kamu gak nyebut kesalahan itu, tapi jika suatu ketika kalian ada masalah, kesalahan yang dulu gak sengaja keungkit kan ya? *intinya kamu gak akan bisa lupain itu masalah meski sudah maafin. tul?
Aku pernah nemu sih sebuah kalimat yang unyu banget, ngegambarin ikhlas itu sperti apa dengan kalimat yang bermakna bagiku, mau tau? nih aku sengaja nyomot dan naro disini biar pada tau.,,
lucu kan? menohok hati gak? yang gak paham juga, pergi tidur sana istirahatin pikiran biar bisa fresh, kalo sudah fresh lanjut baca postingan ini ya,, hohoho
sering kali aku alami dan lihat sendiri sih,, betapa ikhlas itu mudah diucap tapi sulit dijalani *sulit ngetz*. lalu apa dong yang bisa kita lakuin supaya ikhlas? *kalo aku tau ya gak bakal bikin postingan ini keles hahaha*. entahlah seperti apa dan harus bagaimana.
yuk mari belajar ikhlas,,biar kita bisa ikhlas terhadap hidup ini,, dan tentunya agar ikhlas terhadap amalan amalan kita,, inget yee kalo beramal tangan kanan memberi tangan kiri gak boleh tau, gimana caranya? tangan kiri pake sarung tangan aja. hahaha *garing bro*

ya sudih itu aja sih *jiyah kecewa mbak bro, kirain bakal wauw gitu?*
kecup manis dariku,, emuah

0 Ocehan:

Posting Komentar

 
Aku dan Duniaku Blog Design by Ipietoon